Photobucket

Jumat

Ketakutanku Saat Mendaki Gunung Raung (Part 2)

Sambil denger 1 album full Om Didi Kempot, tau kan?, masak gak tau sih..ini  salah satu lagu favorit,
" Sewo kuto uwis tak liwati
Sewu ati tak takoni

Wis tak coba
   Nglaliake jenengmu
   Soko atiku
   Sak tenane aku ora ngapusi
   Isih tresno sliramu
Umpamane kowe uwis mulyo
Lilo aku lilo"
 (putar lagu kudu disesuaikan dengan perasaan gan)

Stasion balapan Solo, Minggat,Wong Deso, Pokok e Melu, Cucak Rowo, Sumi, itu lagu-lagu om didi gan
Oke langsung saja blog, maenkan aksimu, ane mw lanjutin cerita ane waktu ke Raung, curhatnya ntar sajo blog.

*****Cekidoooot*****
SELASA, 26 JULI 2011
                 Setelah dag dig duer naek menuju puncak Sejati Raung, akhirnya diberi nafas dan istirahat dipuncak gunung terekstrem jawa gan ane, sekitar 1 jam ane habiskan dipuncak Sebenernya tim mau ngelanjutin meuju kawah  tapi nyali tim saat itu masih kaget dengan tantangan waktu naek.

Dan inilah sebetulnya tantangan sebenarnya  setik-detik turun ke Puncak Sejati, ane masih belum bisa tenang saat itu walau sudah mencapai puncak sejati, kita turun dengan rute yang sama  yang kayak naek, lewat puncak 17 lagi, Sirotol Mustaqim  lagi dan ketemu jurang lagi,  lengkap sudah Raung ini, saat turun ane posisi paling depan  karena ane sudah ngos-ngosan. Sumpah bagi ane kalo ditanya serem mana saat naek apa saat turun, ane bilang 10 X LIPAT SEREM SAAT TURUN, klo naek tumpuhan kaki bisa kuat jadi badan bisa condong ke depan, tapi kalo turun badan harus ditahan biar gak kedepan,bayangkan dah klo badan sampai kedepan terus kaki seenaknya sendiri maen lari saja, apa tidak jadi mayat saat itu secra medan batu gamping dan berpasir pula, apalagi saat turun  berat badan jadi terasa 5 kali berat badan normal (kata iklan ditipi sih ).

Saat mau turun sisa-sisa tenaga tak kumpulkan jadi satu buat ngelawan ras takot, ya mirip kayak naruto gitu , ngumpulin tenaga buat ngelawan cakra kyubi yang brutal. Saat itu jam menunjukkan jam 12.00 WIB saatnya kita trun kebawah, setapak demi setapak kita kita langkahkan kaki ini, kali ini medan adalah batuan besar di daerah puncak Tusuk Gigi, disini fisik yang maen karena batu kuat buat dipake pijakan asal gak salah injak batu bakal selamat dah klo lari, tapiii batu sering jatuh gan kepala ane hampir ketimpa batu saat itu gara yang diatas aneh turunnya lari jadi batu pada kaget semua dan jatuh kebawah, Jangan lari oe klo medan kayak gini....Grrrrrrrrrrr.

Setelah melewati puncak tusuk gigi kita dihadapan pada jurang, jarak antara jurang satu ke jurang laen sekitar 1 meter, saat itu satu-satunya cara harus lompat  buat menggapi pijakan setelahnya, kaki ane gemeteran gan, jadi ane tenangin dulu nih kaki dan fisik, temn-temen udah pada loncat kayak tupai dan sukses, sekrang tinggal ane, ciaaaaaaaaaaat. Alhamdullah ane jatuh gan, untung jatuhnya gak masuk jurang, ane pake kaki buat pijakan dan tangan ane buat ngegenggam batu, om jos yang dibelakang ane sempet teriak, akhirnya ane tarik tuh batu dan sedikit demi sedikit ane sudah berada di ruang datar, Alhamdulilllah. Jalanan mulai nanjak dan melipir jurang, Berrrrrrrrr, dihadaan ane sekarang ada tanjakan tajam dengan bwah jurang (ini turunuan setelah sirotol mustaqim), jadi ane putusin buat naek pake weebing, kebtulan saat itu webbing gak dicabut tapi dibiarkan buat jaga-jaga saat turun dari puncak, ane pake webbing doang, gak pake hernes atoo cariebean,dkk.

turunan setlah sirotol mustaqim
Ane hanya pegang kuat-kuat itu webbing jangan sampai lepas dari tangan ane, klo ini yang maen kekuatan otot lengan, kudu kuat saat memegang webbing, secra saat itu webbing menahan berat badan ane dan  hanya tangan ane yang jadi remnya , herrrrrrrr, alhamdullah saampai atas, berhenti bentar ambil napas, Ehhhhhhmmmmmm..

Ooohh, depan ane jembatan Sirotol Mustaqim sudah menanti, ciri khas jembatan ini kanan kriri jurang looooooooossssssss, pijakan sekitar 30 - 50 CM, yang ane takuti saat itu angin gan, klo ada angin mungkin kita sudah masuk jurang semua, saat melewati itu harus menjaga keseimbangan bener.
Setapak Setapak Setapak...Serrrrrr.
Alhamdullah terlewati sudah, untung gak ada angin saat itu, Lagiiiiiiiiiiii masih belum bisa bernafas legaaaa ane, dihadapan ane membentang PUNCAK 17 yang gagah perkasa.

Saat itu ane kira kita melewati jurang dengan melirpir lagi  jadi ane melipir jurang duluan, ga taunya temn-teman malah naek keatas puncak 17, ane salah langkah gan, jadi ane harus naek ketas buat ngejar temn-teman, ane kudu manjat tebing dengan medan  batu gamping, sumpah saat itu ane sudah pasrah, ane manjat kayak monyet, sedikit demi sedikit ane cari batu yang kira-kira kuar buat digenggam dan jadi tumpuhan tubuh, ane gak berani mandang ke bawah, di bawah ane jurang denga lubang hitamnya, Bismillah bismillah bismillah dan alhamdullah ane sampai jalurdatar puncak 17, jalannya selanjtnya adalah jalan setapak dengan kiri kanan jurang lagi  menuju puncak 17.

Setapak demi setapak ,,berjalan berjalan berjalan,,sedikit demi sedikit akhirnya kita sampai di puncak 17, sedikit lega, kebetulan dipuncak 17 ada webbing milik anak MAPALA unjeb yang tertinggal jadi kita makai webbing itu buat turun, saat turun dengan webbing ane terpeleset gan gara-gara tidak fokus pada jalur pijakan, ane menginjak batu gamping yang rapuh,,akhirnya ane terpanting.
jurangnya mengangah lubang hitam,,,grrrrr
ane bergelantungan dengan bwah jurang, grrrr, untung tangan ane masih pegang webbing, klo ndak sudah masuk lubang gak bertuan dah ane, serem bener, pas di bawah kaki ane tergoreees lebar gara-gara terpeleset, periiiiiih rasanya ane tahan saja biar temn-teman saat itu tidak panik, sesuai janji kita pas di pos 4, om jos ngelepasin weebing dan dibawah buat dikasihkan anak MAPALA UNJEB, Serrrrr.

Jalan jalan jlan lagi, didepan kita akan melewati batu melayang gan, kenapa disebut batu melayang?  karenag batunya besar dan bertengger disamping jurang, kayak melayang gitu, dbuat baground foto bagus, tapi ane gak sempet foto.

Jalan Jalan Jalan ,,,setapak demi setapak.

Akhirnya kita sampai di puncak Bendera, sensasi plooooong legaaaaa rasanya, ane sempet nangis lagi, ane kebayang saat terpeleset dan hampir jatuh kejurang. Kita istirahat dipuncak bendera sambil putu-putu, narsis-narsis, kali ini bisa narsis  disini. Sekitar 15 menit dari puncak bendra akhirnya kita bertemu dengan tanaman dan tumbuhan (red, batas vegetasi). Jam 14.15 WIB kita sampai di pos 4 ato pos Bagong, dsini kita ketemu anak MAPALA yang mau naek, ane langsung masuk dalam tenda terus ngorok, cuapek banget rasanya tenaga sudah habis tapi hati msih gembira karena habis ngelewati puncak sejati.

It's time to eat.
"Ayo ayoo packing packing kita turun sekarang keburu malam"  kata om joz.
Ane terkejut, tak kira besok pagi kita baru turun tak taunya sekarang, mana tenaga sudah habis lagi buat ngelawan rasa takut pas diatas,15.00 WIB kita brangkat turun, di area ini ane gak berani lari-larian waktu turun, jalur saat itu adalah punggungan gunung jadi masih kanan kiri jurang yang tertutup semak, takutnya klo lari losss, eh nginjak lubang yang bawahnya jurang ,,, Grrrrrrr,,

turun turun turun
serrrrrr..Serrrrrrr.Serrrrrrrr.
Diantara camp 9 dan camp 8 ane ngedrop, sumpah ane berasa ada yang ganjil gan. Saat tu carier ane cuma berisi Sleeping bag, pakean dan alat-alat panjat, seharusnya ringan, tapi sebaliknya gan, rasnya bueeraaat sekali kayak lagi ngegendong sesuatu ane saat itu.

"Om Joz, ane gak bisa lanjut nih, kudu ngecamp, ane ngedrop om" kata ane
(saat itu posisi ane paling belakang dan depan ane om joz)
"pelan-pelan saja bul, depan sudah camp 7 kok, nanti istirahat disana" kata om joz
berkali kali ane jatuh gan, sumpah ane turun saat itu kaki ane gak kuat buat ngangkat, jalan ane nggeret ,,bueerrrraaat banget rasanya.

Alhamdulillah, sampai camp 7, ane langsung lepas carier langsung tergeletak lemah tak berdaya, kebetulan disana ada si Djal, Onoy dan om Joz, Akiwa dan apoey sudah bablas ke POS 3.
"bang, ane gak kuat nih kalo turun sekarang, ane ngecamp saja disini kalian turun saja" kata ane
"ya kita 1 team bul, kita ngecamp bareng saja bul" kata Djal GM
(sumpah ane terharu  waktu itu,,ane jadi gak enak soalnya mereka besok kudu kerja jadi dikejar waktu,kalo ane ma enak,,kampus ane lagi libur  jadi punya waktu banyak ).
"ayo bul, masih kuat jalan ke POS 3 kan?  kasian Agung dan Apoey nungguin dipos 3" kata om joz
"iya bang bisa,kalian duluan saja,ane ntar nyusul" kata ane.

jalan jalan jalan,,lagi-lagi masih terasa bueraaaaaaaat , gak bisanya kayak gini ane,kayak  ada yang lagi ane gendong , waallahu'alam. Ane paling belakang depan ane om Joz yang lain sudah gak keliatan sudah bablas ke pos 3, bulu kuduk merinding teruuuuuuus, semua yang ane hapal ane baca saat itu.

"om joz,sini donk,temenin ngobrol"kataku
"iyo bul" jawab om joz
(alesan biar gak sendirian, biar diperjalanan gak bengong ada temn ngobrol)
Gobrol sambil turun, ngalor ngidul, dari a- z, dari ngobrol gunung sampai pemerintahan.
"depan 2O meter lagi,POS 3 bul" kata om joz
"Oeeeeeeeeeeeeeee (ane teriak manggil anak2 diPOS 3)" kata ane
"Oeeeeeeeeeeee" jawab  mereka
"alhamdulillah sudah deket" pikirku
Jalan jalan jalan ....
ngesot...ngesot...ngesot..
Jam 17.00 ane sampai POS 3 ,Alhamdulillah Ya Allah.

(Inpo penting) ==> Dalam perjalanan ada 2 tanda pos, yang pertama tanda dari Pataga Surabya berupa camp 1-camp 9 dan tanda dari REGASS berupa POS 1- POS 4..
POS 1 Regas = CAMP 1 Pataga = POS SUNARYA
POS 2  Regas = CAMP 2 Pataga
POS 3 Regas = CAMP 6 pataga
POS 4 Regas = CAMP 9 Ptaga
jangan sampai bingung ..ehehe .

Ane langsung taruh carier, astagfirullah masih tetep bueraaaaaat  rasanya, padahal carier sudah ane lepas, ane langsung dirikan tenda, masuuuuuuk, ane langsung sholat dan ternyata, badan kembali normal gan.
"bener nih,tadi ada makluk halus yang ane gendong(dasar setan tengik,minta acara digendong segala,,ahaha) "pikir ane ,,sekali lagi..waallahu'alam
it's time to eat,,
masuk tenda tidoooooorrrrr..SSSSSSSsssssssssstttt..ZZzzzzzzZZZZZZZ

RABU, 27 JULI 2011
      Pagi yang indah dengan ditemani suara angin sepoi sepoi, hmmm nikmatnya,kebetulan perbekalan sudah habis ,jadi kita pakai air tandan yang kuooootoorrr puoooolll buat masak kopi. Jam 08.00 WIB pagi kita turun, ane paling depan, kali ini badan mulai seger, ane bablas lariiiiiiiiiii sampai pos 2. Jam 09.30 WIB ane sudah sampai duluan di pos 2.
Pohon Kopiiiii.......Pohon Kopiiiiiiiiiiiiiiiiii...
Ane sueneeeeeeeeeeeeeeeeeeeng gan, itu artinya kita sudah sampai ladang penduduk, hampir sampai, jam 12.00 WIB sampai di pos 1 ato pos Sunarya.
 "gimana nih, kita bablas ato istirahat disini" kata ane
"langsung sajalah, kita langsung disungai deket kampung" kata Apoey
Jalan dari pos 1  ke rumah penduduk jauuuuuuuuuh puuoooooool, untung saja turunan.
akhirnya yang dinanti tiba, Hujan Hujaaaaaaaaaan Hujaaaaaan Gerimis, adeeeeeeeem bener rasanya, stelah beberapa puanas akhirnya ada hujan membasahi, meskipun jalan puanjang tapi tidak terasa  karena hujan gerimis,,suasana jadi adeeeem,,sremiwiiiing.
jalan jalan jalan,,
jalan jalan jalan
jalan jalan jalan..
Krrrrrrrrr..Krrrrrrrr,Krrrrrrrrrrrrrr..
ane liat sungai, OOOOOOOOOH GOD,THANKS YOU VERY MUCH, akhirnya ane sudah sampai.
sungaaaaaaaaiiiiiiii,,,sungaiiiiiiii,,,sungaaaaaaaaaaiiii,,,mandiiiiiiiiiii,,,mandiiiiiiiii....mandiiiiiiiiiiii...mandiiiiiiiii.
Keramaaaaaaassssss (rambut sudah kayak gimbal tempe gan). Disnilah Bang Helmi dan kawan menjemput kami pake Motor, akhirnya petualangan raung selesai sudah, Raung... Raung... Raung.Gak Ada Duanya
akhirnya ane dan temn2 ke basecame dibonceng motor bang helmi dan kawan2 Regas.

Raung...Raung..Raung
Puncak Sejati ... Puncak Sejati...Puncak Sejati
Aku sudah pernah kesana
Alhamdulillah Ya Allah

THE END

**** Biaya Akomodasi ****
* Kereta Ekonomi PP dari SBY - Kalibaru, Banyuwangi  ==> 48.000
* Ongkos Ojek PP dari Basecame - POS 1                       ==> 55.000
-----------------------------------------------------------------------------------------