Photobucket

Rabu

Ketakutanku Saat Mendaki Gunung Raung



Loha kawan blogku, ane mau berbagi cerita nih, pengalaman ane saat mendaki gunung raung,sory yak telat ceritanya, soalnya pendakiannya udah kemarin past tagl 23 juli 2011, tapi tak apalah,berbagi itu emang indah kawan, semoga cerita ane membawa manfaat buat kawan semua

*******Cekidoot *******

Berawal dari sebuah Facebook, teman ane "Djal GM" membuat status tentang keinginannya untuk melakukan Double R (Rinjani -Raung) yang sudah dinanti selama 8 tahun (*Penantian Istri Bang Toyib kalah gan ama penantian teman ane ini *), saat itu ane koment distatusnya "ayoo bang,ikuuuut", padahal ane cuma iseng komentnya,, eeeeehhh dia malah nanggepin serius, dia malah ngewall ane kurang lebig begini " Demi double R w rela ni cancel trip yang lain..... positip yah september ke raung kita ber 4 bareng Apoey Kompenie, Bdr Ragile Ma'sry saya n ente, udah ga usah pke porter2an......... jangan ampe gagal kawan "

semakin lah bertambah kegalauan saat itu, niat ane cuma becanda, eh malah dtanggepin serious, ini artinya ane masuk lubang srigala kawan, ia karena ane sering dengar "gunung Raung adalah Gunung ter ekstrem di Jawa" dan untuk mencapai puncaknya taruannya nyawa, ada juga yg bilang ke ane "gunung Raung itu adiknya gunung Cartenz Pyramyd", bayangin Cartens Pyramyd kawan gunung tertinggi di Indonesia, sekaligus masuk kedalam 7 Summits World adalah kakaknya.

Akhirnya, ane jawab post wallnya Djal GM dengan koment "oke siap dah insyaAllah,,ahaha,,porterin donk,,,wkwkwkwkwkwk,,,cuma ber4 nih,,gak rame2 saja biar mantep,,,nanti tak carikan temnq lah om biar tambah seru ke raungnya"
Akhirnya sepakat sudah kita berempat akam melakukan ekspedisi gunung Raung. Setelah beberapa hari di gembar-gemborkan di facebook buat nyari masa ke raung, alhamdulillah dapet 1 rekan, Akiwa Edogawa alias Agung,  dari Surabanya. *selamat bergabung om agung* .

Persiapan pun dilakukan dengan matang, yang paling penting adalah mencari rekan yang sudah pernah naek raung jadi bisa jadi guide kita nanti, setalh ngubungi kawan-kawan Pecinta Alam sana sini akhirnya dapet 1 anak REGAS ( PA Kalibaru ) namanya Josinyo Raung Regass alias om jos kita panggilnya.
Kita susun strategi kesana, kebetulan jalur yang akan kita alui adalah jalur Sumber Weringin, dari saran saran saran dan saran temn-teman pendaki yang pernah kesana, ternyata jalur Sumber Weringin tidak bisa tembus ke puncak sejati Raung karena terhalangan jurang dalam.
Iya jadi kami putuskan putar haluan buat naek lewat Jalur Kalibaru .

(Inpo penting) ==> Jalur gunung Raung ada 3 : Jalur Kalibaru, Jalur Glenmore dan Jalur Sumberweringin. Untuk mencapa puncak sejati sebetulnya bisa lewat jalur Glenmore, dan jalur Kalibaru, tapi dari info dari basecame Raung, jalur Glanmore jalur yang jarang didaki jadi harus mulai buka jalur kalo maw mendaki.

Kesepakatanpun terbentuk, ekspedisi gunung Raung pun dilaksanakan dengan tim 6 orang (Djal GM, Apoey , Onoy, Akiwa, om Jos dan ane  ), diputuskan meeting point di Stasiun Gubeng Surabaya .

JUM'AT , 22 JULI 20111 
          Teman-teman dari Jakarta (Djal GM,Apoey dan Onoy) berangkat menuju ke stasiun Gubeng Surabaya dengan naek si ular besi, kebetulan posisi ane saat itu masih dikampung halaman, Tuban, jadi ane putusin berangakat hari sabtu pagi buat kesurabaya sembari membujuk umi, biar dijinin naek gunung+ tambahan ongkos seiklasnya, saat itu sulit kawan meminta ijin umi buat ke Raung, iya kebetulan abi dan pak de ku juga dulu waktu muda sering naek gunung jadi tau gimana keadaan gunung Raung, klo abi sih gampang ijinnya, paling cuma bilang "yow wes ati-ati, ojo biyayaan nak nang gunung". Tapi klo umi, ijinnya kudu ngrayu-grayu sambil bantu-bantu kerjaan umi gan , singkat cerite ane DI IJININ ...plok plok plok (sory curhat dikit).



SABTU, 23 JULI 2011 
           Jam 5 pagi ane berangkt buat ke Surabaya, biar sampe kost di Sby bisa jam 10 pagi dan bisa packing-packing, na'as sekali jalanan saat itu muaceeetnya bukan maen, jalur Tuban-Surabaya bisa ditemph cuma 3.5 jam, ini karena macet jadi perjalanan 6 Jam, kasian pasukan Jakarta kawan, sudah sampe stasiun gubeng Surabaya jam 4 pagi, maap yak nunggu luuuamaaaaa, kebtulan waktu itu  Akiwa naek malem harinya dan si om Jos nunggu di basecam Kalibaru. Jam 14.10 WIB jadwal keberangkatan ular besi ekonomi alias kereta api Sri Tanjung menuju stasion Kalibaru, Banyuwangi, karena memang Indonesia unik, kerta pun berangkat jam 2.45 siang.

gujes gujes gujes tut tut tuuuuuut gujes gujes tut tut tut.
Akhinya selama 7 jam  perjalanan kereta sampai di st kalibaru, banyuwangi, berdirilah segerombolan pemuda-pemuda dengan jaket rolink ala Charlie ST 12, sosok kurus ceking, rambut gondrong dengan muka lumayan ganteng, Josinyo regas Raung ato om jos, menyapa kita.

"Mana, mana Wong bulu", kata om jos
"ane bang, om Jos ya??", kata ane 
"iya, kok cuma berempat katanya berlima???", tanya om jos
"iya om, yang satu berangkat pake kereta malam, paling sampai sini, pagi jam 5an om" jawabq
"ooh ya udah,Sudah Makan? ayo ke basecame dulu, istirahat sambil nunggu temanmu besok pagi" kata om jos
"alhamdulillah ditawari makan,lumayanlah gratis buat ngirit ongkos, belum bang,belum makan ane", jawab ane sambil malu-malu mau
(Itulah ciri khas anak PA, walupun belum lama kenal tapi serasa saudara jika bertemu, saling membatunya itu lhoooo,, aduhai sekali).

Sekitar 15 menit perjalanan naek motor munuju basecame Kalibaru regass, sampai basecame cari makan erus tidoorr dolo.
ZZZZ SSSSSStttt SSSSSStttt SSSSttttt .....
(keasikan tidor gak tau klo Akiwa nelpon terus, iya, karena penghubung om jos dan tim adalah ane jadi no.hp om jos ane yg tau, si akiwa, gak tau dia mau kemana setelah sampai stasion kalibaru, maap ya om agung)

MINGGU,  24 JULI 2011

         Setelah subuh, Akiwa datang ke basecame, ngopi di basecame sama anak regas, kita jalan-jalan sambil nyari logistik + ngeprint surat iji buat Kepdes, kepala Polisi Kalibaru, Koramil buat naek, kebetulan disini masih ada minimarket (yang jaga cewek, cantik bos, lumayan cuci mata sebelum naek gunung).
Packing...Packing..Packing.
Sambil dengerin briefing dari om Helmi (kakak dari om jos, dia sesepuh Regass gan),

"oiya,bawa derigen berapa?" tanya om helmi
"berapa ya,cuma 2 keliatannya bang?" gak tau sapa yg ngejawab
"lhaa.ini saja bawa derigen anak2,disana gak ada air jadi harus bawa air dari bawah?" kata om helmi
 (rata2 bawa 7 liter air/anak), karena caril ane adalah carir tua yang hampir jebol jadi ane bawa logistik saje, Alhamdullah boyok gak kumat.
"saya cuma pesen, tlong hapus tanda antara pos 1 dan 2, itu tanda ngawur bisa nyesatkan pendaki lain" kata om helmi (iya memang beliau adlah sala satu yang bikin jalur raung via kalibaru jadi tau seluk beluk raung)
"iya bang,insyaAllah" gak tau siapa yang jawab

Jam 09.00 WIB kita berangkat dari basecame menuju Pos 1 naek motor dianter anak-anak Regas, karena jalur basecame dan pos 1 adalah jalur perkebunan penduduk jadi bisa dilewati motor dalam waktu 1 Jam (gak tau jalan butuh berapa jam), sumpah gan, jalurnya kayak ofroad gtu gan, gak tau dah pa motor mereka rusak apa kagak, akhirnya sampai juga di Pos1 yang diberi nama pos Sunarya (karena ada satu ruma doank, rumahnya pak sunarnya)

POS 1 ato POS SUNARYA
Di Pos 1 ini kita isi air buat perjalanan naek, kebetulan Barat pos 1 ada aliran sungai, adeeeeeeeem bener, rasanya pengen mandi oe, jam 11.00 persiapan, berdo'a.dan kita ber 6 mulai naek.

Seeer SEEER seeeer...


Perjalanan banyak ditumbuhi tanaman kopi dan coklat milik penduduk, jalanan lumayan agak datar, semakin lama semakin rimbun tanamannya, akhirnya melewati hutan.


Jalan jalan jalan long long way..
Sumpah, baru kali ini ane naek gunung ngeliat hutan yang bener-benar rimbun sekali, hutannya masih alami, padahal masih siang tapi jalanan terlihat gelap karena rimbunnya pohon.
SSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS
"berhenti.ada ular" kataku
"mana bul'  kata si akiwa
(kebetulan ane waktu itu jalan paling depan, ngeliat ular melintas, sumpah merindiiiiiiiiiing ane, geli ane klo liat yang gemur-gemur gitu).
"sudah lewat gung, ayo jalan lagi,ati-ati yak, hutan rimbun" kata ku,,ehehe
Jalan jalan jalan lagi..sampai akhirnya jam 15.30 WIB kita sampai di Pos 2 ato disebut Pos Semar.

Menikmati Hidangan diPOS 2
Di pos 2 datarannya lumayan luas, bisalah dibuat tenda 4 ato 5, dengan suasana dikelingi pohon-pohon besar tinggi menjulan dengan alunan suara hewan, subhanallah bener-benar indah ciptan-Nya. 

Dirikan 2 Tenda., masak nasi lauk telur sama mie goreng + kopi moca, kopi pahit, aduuuuuh enaknya, sadap bener.
Kebanyakan makan, perut mules mules gak karuan gan, ane ngambil jurus kuda-kuda keluarkan sarung, ngamil tandon-tandon yang terisi air lalu cari tempat rimbun buat BOKER gan.
Malam tiba, minum kopi masuk tenda sambil FBan (dipos 2 ini masih ada sinyal gan,ane pake IM3 gak tau klo yang lain).

SENIN, 25 JULI 2011
        Jam 5 pagi bangun, menunaikan kebutuhan sebagai seorang muslim "Sholat coy", udaranya segeeeeeer bener, masak kopi buat ngangetin badan sambil dengerin suara si tenyom, si ngurup, untung gak ada suara harimau gan, dari cerita penduduk dipos 1 dan 2 ini masih banyak hewan liar termasuk si Loreng gan.
Jam 8.00 pagi kami mulai packing persiapan buat jalan lagi, serrr mulai jalan, jalan mulai agak menanjak tapiiiiiiii berduriiiiiiiii (disaranin klo mw lewat setlah pos 2 jangan pake celana pendek ato kaos pendek, pake gather/pelindung kaki dan sarung tangan, sumpah tanamannya berduri, setiap jalur pasti melewati duri, waktu itu ane gak bawah sapu tangan, tangan ane, muka ane sudah kayak dicakar-cakar kucing, berdarah semua).
Jam 12.30 akhirnya kami sampai di pos 3 diberi nama pos Petro, istirahat sebentar sambil makan jajan.

Ngopi di POS 3
Perut sudah mulai kerocongan dan tenaga terkuras karena jalur menanjak berduri jadi kita habiskan waktu 30 menit buat istirahat sambil munim kopi dan madu sambil merokok stamina Roso Roso.
Ciiiaaaat... Semangat naek lagi tumbuh, saatnya packing naek.

Jalan jalan jalan nanjak nanjak nanjak nanjak lagiiiiii,,,duri duri duri lagiii.
Oiya, waktu dperjalan dari pos 2 sampai pos 4 setiap kurang lebih satu jam kita akan menjumpai shelter yang bisa dibuat istrahat tapi gak bisa dibuat masang tenda karena gak begitu luas.
diperjalanan masih melewati tanjankan dengan kerapatan hutan rimbun+duri..hati gan kalo lewat sini, karena jalur kalibaru letaknya di punggungan gunung jadi jalan menanjak dengan kiri kanan jurang, dengan rimbunannya hutan jalur gak terlihat, Hati-hati..
Saat melewati antara shelter/camp 7 ke camp 8 jalur sudah mulai kebuka, krena sudah mulai pada batas vegetasi tapi tanjakannya gaan. Gilaaaaaaaaaaaaaaaa. Tanjakannya bikin boyok ane kumat, kemringan tanjakan sekitar 75 derajat gan..
Sempet dag dig der, saat teman ane DJAL GM slah jalur, saat itu jalur gak terihat yang ada hanya tebing dengan bawah jurang, teman ane naek gan,
"jalur disamping bawah tebing ada turunan" kata om jos

POS 4 bersama temn2 MAPALA yang mau naek
Djal sudah naek tebing gan, pake cariel dua pintu, tapi turun lagi gan karena isntrusi dari om jos, saat dia turu tebing kakinya mau terpeleset gan, sumpaaaaah jantung ane mau copot dalam hati ( bawah ini jurang dalam, klo dia jatuh jadi apa dia ntar) akhirnya yang jatuh cuma botol air minumnya gan, ngekiat botol jatuh, merindiiiiing benerrr.

Akhirnya tepat jam 19.00 kita sampai di pos 4 ato diberinama pos Bagng, dingiiiiiiiiiiiin bener disini, tangan sudah muai gak berasa, kaku akibat dingin, kaki jangan ditanya, dengkul rasanya mau copot akibat tanjakan-tanjakan gilaaaaaaaaaa, disini kita nemuin carier 3 buah besar2 ukuran 2 pintu, kita sempat kuatir gan, jam segini ada yang naek kepuncak, sekitar jam 12 malam ada suara kaki.

SSSSSSttttt SSSzzz


Ternyata itu anak MAPALA Universitas Jember, mereka lama seklai turun dari puncak karena sempet nyasar juga pas summit attack gan, webbing/tali buat panjat merka juga ditinggal dipuncak 17 gan karena kecantol dan gak bisa diambil (padahal harga webbingny bisa sampai 2 jutaan gan) dan sudah kemaleman jadi gak memungkinkan buat ngambil tuh webbing.
akhirnya kita istirahat juga,,mulai  masak dan Berlayar dipulai Matraassss.

SELASA, 26 JULI 2011

***SUMMIT ATTACK***
Rute menuju Puncak Sejati dilihat dari puncak bendera

pagi yang cerah,udara yang begitu sejuk berbaringlah pemandangan lautan awan putih yang indah.
Jam 8.00 WIB kita persiapan buat muncak gan, waktu itu cuma bawah carier 45 liter dengan isi dalamnya alat-alat panjat (webbing,hernes,caribean,dkk), jus jeruk BUAVITA, air putih 2 botol, jelly 1 nesting.
Jalan jalan jalan melipir melipir jurang., akhirnya kita sampai batas vegetasi, yang ada hanya hamparan lautan awan, jurang, akhirnya sampai juga di PUNCAK BENDERA.

Ane lagi di Puncak Bendera
Perjalanan mejunu kepuncak sejati sangan sangat sangat mengerikan dan menakutkan, disini yang maen adalah Mental (tanpa mental yang mantap dan berani, mustahil kita bisa melati jalan ini, sumpah ane serius gan).

Saat  di puncak bendera kita meutuskan tidak memakai tali panjat/webbing, ane percaya ama om jos karena dia sudah berkali-kali kesana, OM JOS KAMI PADAMU, setelah melewati puncak bendera kita melewati jalan setapak dengan kiri kana jurang MENGANGAH, sumpah saat itu, dengkul ane terasa mau copot bener liat jalannya, tapi ane inget niat ane saat itu hanya ingin manambah pengetahuan ane dalam mengetahui Kebesaran Allah dalam mencipta, saat itu juga sumpah ane tidak merasakan takut apa-apa gan, yang ada hanya harus fokus dengan jalur biar tidak salah injak batu (iya karena jalur adlah batuan gamping dan berpasir, bisa dibayangkan kan gimana rapuhnya batu gamping ?).

Setapak setapak setapak mulai terlewati,dan alhamdullah terlewati sudah  jalur mengerika  itu, tidak sampai disana, dihadapan ane ada puncak 17, saar itu kami tidak pake tali uat manjat tapi lewat melipir kanan puncak 17 dengan bawah adalah jurang, subhannallah, nyali kembali diuji disini.
Saat melipir ini harus ekstra hati-hati, bayangkan saja, kita harus melipir merapat kayak Tokek pas di dinding sambil setapak demi setapak berjalan dan sekali lagu harus fokus dengan pijakan batu saat itu, sekali salah langkah nyawa taruhannya dan Alhamdulillah terlewati sudah Puncak 17, Oh tidaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkk. Di dlam hati (Jangkreeeeeeek...iki gunung lengkap banget rintangannya "dalam basa jawa tentu versinya"), dihadapan ane jalan setapak yang disebut Jalur Sirotol Mustaqim, denger namanya saja sudah merinding, jalur ini cuma sekitar 50 cm dengan kiri kanan jurang Looosssssssssss  gak terlihat bawahnya, ngik ngook, andai ada  baling-baling bambu milik doraemon.

Setapak setapak setapak...fokus fokus fokus...
Ane gak kebayang saat itu jika ada angin kencang pasti kita jatuh semua, Alhamdullah Allah masih sayang sama kita, terharu.

Akhirnya jaalan sirotol mustaqim terlewati sudah, Apaaaaaaaaaaa, ternyata dihadapan ane masih ada lagi gan rintangannya, ohhhhh Raung kenapa, kenapa, kenapa rintangannya ada lagiiiii..
Dihadapan ane sekarang ada turunan curaaaaam, bawah tetep melekat jurang tak bertuan,, nah dengan kondisi yang sudah cuapek, kita gak mungkin menuruninya dengan tangan ksong, akhirnya diputuskan pake webbing gan, walau sudah makai webbing tetep saja kengerian masih ada dan alhamdullah kita smua turun dengan selamat diturunan itu, dan jalan jalan jalan..jalan


Selanjutnya munuju puncak Tusuk Gigi (kenapa disebut tusuk gigi? karena bentuknya batu-batu buesar buesar yang lancip keatas menyerupai tusuk gigi,jalan menuju kesini batu2 besar yang keras, nah klo lewat sinii fisik yang teruji gan, karena ane sudah ngos-ngosan jadi ane paling belakang sendiri gan.
Manjat Manjat Manjat ..kayak monyet.

Setelah melewati puncak tusuk gigi, sekitar berjalan 15 menit, ALHAMDULILLAHIROBBIL ALAMIN. Terimah Kasih Ya Allah, Akhirnya kita sampai di PUNCAK SEJATI RAUNG  3.332 M DPL.
Sungguh ya Allah atas semua pertolonganMu kita bisa sampai disni, ane menangis gan waktu di puncak, sumpah gan bener kata orang ini adalah gunung terekstrem di pulau Jawa, sekali lagi ane menangiiiiiiis gan, Perjuangan buat kepuncak benar-benar mengasa mental ane.
Jangan ditanya mengenai pemandangan gan, saat itu indaaaaah bener, disekelilng ane banyak lautan awan dan ditemani kawah Raung yang lagi tidur.
Raung Raung Raung...
Suatu Saat aku ingin kembali kesana...?



****Cerita Bersambung saat Track Turun menuju Basecame*****
TO BE CONTINUE...







8 comments:

Djal GM mengatakan...

manstap sekali ceritanya....selamat KK udah bisa kesajati, dan thx juga atas bantuannya hingga kita bisa bersama menggapai raung walau dengan sedikit nekad eheeh :siul

kampongbulu mengatakan...

ahahaha...terimah kasih juga kakak,sudah menjadi patner naek yang baek,,,ekekekeke

Anonim mengatakan...

permisi agan agan master,sekiranya saya bisa minta no contact hp anak anak pecinta alam regas,khususnya om jos itu..terima kasih sebelumnya agan agan master :D bisa hubungi saya di pesbuk rishad fadilah sama twiterr @bukanlu

Unknown mengatakan...

Bolehlah habis lebaran menemani makhluk yang mengagumi gunung raung ini. kalo boleh yo minta cp mas-mas yang pernah kesana sebelumya.
(085236795666)
terima kasih

Aini mengatakan...

Baru baca sekarang. Keren tu raungnya pingin kesana. Bismillah bisa krsampean...

Prince mengatakan...

Mantapp sudah mendaki gunung terekstreeem

Anonim mengatakan...

Ngakak bacanya.... Sambil dengkul ikutan lemes ngebayanginnya. Mau kesana tgl 15-18 oktober ini. Mudah2an selamat.

Anang mengatakan...

Jalur pendakian raung melalui sidomulyo sempu mulai ramai loo

Posting Komentar

sampaikan unek-unekmu....!!!