Photobucket

Jumat

Lagu Itu







Malam itu terlarut dengan sempurna, seraya malam itu lebih indah dari biasanya, malam itu laksana milikku dengan segala isinya memanjakan batinku yang sengsara lebih sengsara dari apa yang dirasa Sidharta Gautama sebelum menemukan aufklarungnya. Batinku rasanya tercabik-cabik saat semua mengatakan itu, saat orang paling aku taksirpun mengataiku, ya mereka dengan gembiranya mengataiku, menjulukiku sebagai Ucok, tak ada yang aneh sekilas dengan nama itu, tapi saat nama itu ditelanjangi kedalam bentuk keterangan yang lebih panjang, ia bernama Umar Jancok, coba, jiwa mana yang tak sengsara melihat dirinya selalu dipisuhi dengan Jancok, enyalah Sujiwo Tejo yang menganggap kata-kata jancok sebagai kata-kata mulia, Ia tak pernah merasakan betapa kata itu sering dipakai untuk mengumpat kekesalan terhadap orang, orang mana yang tak tersiksa namanya selalu diembel-embeli kata jancok, apa mereka tak mengerti arti kata Umar itu, betapa banyak orang hebat di dunia ini yang menyandang kata Umar itu sendiri kecuali nama Umar di desaku yang terkenal sebagai lelaki pelo (pengucapan sesuai kata pensil) yang artinya lelaki yang burungnya tak bisa berdiri, itupun tak bisa dilegitimasi kalo orang yang pelo itu buruk, apa hakmu memisuhi orang? hanya Tuhan yang berhak memisuhi orang, terkutuklah orang-orang Surabaya yang melestarikannya. Ingat ! kutukanku sesuai dengan Empu Gandring pada anak asuhan Bango Samparan. 

Baiklah sudah, untnglah malam itu datang, kekesalanku akan nama Ucok mereda, tapi biar bagaimanapun aku juga kesal cok.

Orang bilang do'a yang teraniana adalah mustajab, aku berdo'a malam itu,"Ya Tuhanku, engkau tau aku dalam keadaan teraniaya, jangan biarkan aku menganiaya diriku sendiri dalam menghianati kuasaMU  dengan aku mencuri. aku tahu Engkau berkuasa memberi makan maklukMu maka berilah aku makan, Tuhan".

Lama pula rupanya malam itu aku berdo'a, tak kunjung datang makanan. Harap ini semakin lama semakin mencemaskan, sudah aku putuskan berjalan keluar rumah, menikmati udara malam sambil menanti datangnya makanan. 

Saat melintas di depan saung ronda, melihat pak Hansip membawa rokok merek Jawa Tengah tak kuasa juga langkah ini ikut nimbrong di saung ronda, sayup-sayup rasanya heran, kenapa orang kecil selalu murah hati dalam memberi dibanding orang kaya, singkat kata rokok gratis dari pak Hansip. Tapi bentar bentar...! lagunya  yang diputar di saung kok Letto _Sebelum Cahaya. wah.

"Dek, tau gak Al-Qur'an dalam lagu ini"  celetuk pak Hansip.

Lhoo ini kan lagu pak, bagaimana ceritanya bisa jadi Al-Qur'an, kalaupun ada ayat-ayat mutasyabihat tapi yang mana, ini lagu kan tentang cinta saja pak, wah. lagian juga kalo mau sok-sok interpretasi juga larinya ke cinta dua sepasang kekasih, mana ayat Al-Qur'annya. 

"Wah dek, rupa-rupanya adek sebagai mahasiswa ini kurang jeli, kamu hanya gunakan otakmu untuk mengerjakan soal-soal kuliah, harusnya lebih dek. Aku ini termasuk pecinta lagu-lagunya Letto dek, lagu ini Sebelum Cahaya, liriknya sangat lembut, kabarnya menurut pencipta lirik lagunya, lagu ini adalah  Alegori dari Firman Tuhan pada kanjeng nabi Muhammad dek. Disini Tuhan menyebut kanjeng nabi sebagai Cinta, karena memang Tuhan sangat mencinta Kanjeng nabi Muhammad melebihi siapapun cintanya pada Makluk di alam semesta ini.  Coba renungkan liriknya.

Ku teringat hati
Yang bertabur mimpi
Kemana kau pergi cinta
Perjalanan sunyi
Engkau tempuh sendiri
Kuatkanlah hati cinta

Ini maksudnya Tuhan melihat perjalanan kangjeng nabi dalam menyebarkan agama Islam, perjalanan kangjeng nabi untuk selalu mengajarkan manusia cara menemukan Tuhan. Kanjeng nabi dalam lirik ini digambarkan dalam usahanya ini selalu berjalan dalam kesunyian karena memang manusia tidak mengenal Tuhannya, manusia lupa akan tujuan hidupnya, dan saat itu pula kanjeng nabi sendirian untuk menyadarkan manusia menemukan Tuhannya, tapi lihatlah dalam lirik lagu ini dek, Tuhan memberi motivasi pada kanjeng nabi dengan kata-kata kuatkanlah hati cinta, dengan mesra Tuhan memanggil kanjeng nabi dengan sebutan cinta dek. terus lirik satunya,

Ingatkan engkau kepada
Embun pagi bersahaja
Yang menemanimu sebelum cahaya
Ingatkan engkau kepada
Angin yang berhembus mesra
Yang kan membelaimu cinta

Itu adalah bentuk kasih sayang Tuhan pada kanjeng nabi untuk selalu ingat pada kuasa-kuasa Tuhan, kanjeng nabi di ingatkan untuk selalu merenungi Tuhan lewat kuasa-kuasanya pada alam.

Kekuatan hati yang berpegang janji
Genggamlah tanganku cinta
Ku tak akan pergi meninggalkanmu sendiri
Temani hatimu cinta

Dan lirik ini yang paling menyejukkan dek, Tuhan mengabarkan agar usaha dakwanya kanjeng nabi berhasil, harus menguatkan hati untuk tetap istiqomah serta selalu ingat akan janji-janji Tuhan kepada orang-orang yang beriman, dan selalu megang teguh apa yang diberikan Tuhan, setelah semuanya Tuhan menutup firmannya dengan kabar gembira bahwa Tuhan tak kan pernah meninggalkan kanjeng nabi sendirian, Tuhan bersamanya selalu dek, Tuhan selalu menemani para pecintaNya, menemani hatinya agar selelau tenang dan nyaman. Begitulah dek kira-kira, Al-Qur'an ada dalam lagu ini dek, penciptanya telah menemukan kemesraan dengan Tuhannya, lewat apapun saja yang ada hanya Tuhan dek."

Serasa tersambar petir, melihat penuturan hansip ini, tak kuasa menahan tangis, meledak rasanya dada. hanya sanggup berucap "Tuhan, cintaMu begitu besar paa orang yang mencintaiMu".

Rasa-rasanya lapar seakan hilang dalam perut, yang ada hanya kepuasan, kenyang dalam kesejatian. Kakipun melangkah ke arah kostan dengan sangat ringan, saat akan memasuki kamar terlihat Ibu kost tergopoh-gopoh membawa sebakul besar makanan.

"Nak, ini nak ada makanan, rejeki dari tetangga habis syukuran" ujar Ibu Kost.



2 comments:

Miel, D'Smart Dimples mengatakan...

Itulah anak muda,, hidayah bisa datang darimana saja,,
Tumben tulisanmu menginspirasi, biasanya hanya berisi sajak gombal,, :))

kampongbulu mengatakan...

ahahaha.. baru lihat blooooog, eeeh ada si dudud koment, tapi sayang komennya agak sentimentil :p

Posting Komentar

sampaikan unek-unekmu....!!!