Photobucket

Minggu

Kidung Cinta Arya Kamandanu / Wong Bulu

Pernah dengar  nama Arya Kamandanu ???
ya nama itu adalah sosok pemeran utama dalam sebuah filem kolosial "TUTUR TINULAR " yang menceritakan tentang kejayaan kerajaan Singosari yang dipimpin Kertajaya sampai kejayaan kerajaan Majapahit .filem itu sebenarnya sudah lama aku cari,dan kebetulan minggu ini dapat jatah cuti 1 minggu kerja so dipuas-puasin deh buat download filem dari episode 1 sampai terakhir ..ahahaha.

Masuk Ke Cerita
dari semula berdirinya kerajaan singosari memang banyak sekali menimbulkan intrik -intrik kotor yang menimbulkan banyak sekali bencana bagi rakyat.dulu ketika sekitar abad ke 12 memang di indonesia(khususnya jawa) ini banyak sekali berdiri kerajaan -kerjaan.diantara banyaknya kerajaaan,ada satu kerajaan besar yang didirikan seorang raja yang dulunya bernama "Ken Arok".puncak kejayaan dari kerajaan singosari ini saat dipimpin raja kertanegara ( mertua dari Raden Wijaya/Kertarasajasa jayawardana(raja dari kerjaan majapahit)) bahkan kekuasaan singsari saat itu membentang sampai kedataran utara.

Lho kok cerita beginian..ahaha..cerita kerajaannya dilanjutkan besok-besok saja yak.hari ini ane mau bercerita tentang sosok pemuda yang bernama Arya Kamandanu..

Bagiku crita cinta Arya Kamandanu lebih mengharukan dari pada cerita cinta "Romeo and Juliet" ataupun "Laila dan Majnun" .
Arya Kamandanu merupakan sosok pemuda yang apa adanya,sederhana dan polos terhadap wanita.suatu ketika di desa kurawan ,desa dari empu rubahya dan empu hanggareksa (ayah arya kamandanu) ,kedua empu ini jika diruntut dari silsilah guru merka adalah empu gandring yang ceritanya sudah masyur ditelinga kita.dan dari peristiwa tewasnya empu gandring ditangan ken arok,sudah menjadi kewajiban bagi semua murid empu gandring untuk sumpah setia tidak akan mengabdi di kerajaan ken arok "singosari".
suatu ketika empuh hungareksa telah menyalahi sumpahnya karena dia telah membuatkan senjata untuk  kerajaan singosari yang mau berperang dengan kerajaan sunda.
reflek empuh rubahya sebagai kakak seperguruannya marah dan diam-diam melatih arya kamandanu dan menempah mental kamandanu untuk menjadi kesatria .
dibalik latihan kamandanu,ternyata seorang kamandanu menyimpan sebuah crita cinta yang tragis.
suatu ketika Arya kamandanu mencintai gadis dari tetangga sebelah kurawan,Seorang gadis cantik dan baik hati "NINI RATIH" ,cinta yang didambakan Arya Kamandanu ternyata tidak bertepok sebelah tangan,nini ratih ternyata juga ada rasa dengan arya kamandanu sampai pada saat mereka saling bertemu di sebuah candi untuk mngungkapkan isi hati masing-masing,tapi memang rasa malu menyelimuti kisah cinta mereka ,kamandanu dan nini ratih hanya bicara dan bicara tanpa mengungkapkan perasaaan masing-msing.
hari demi hari mereka tak bertemu dan kamandanu menyimpan kerinduan yang amat dalam dari sebuah perasaan yang tak terungkapkan,terbalik kenyataannya dengan nini ratih,dia bahagia bukan kepalang ketika setiap hari menerima syair-syair cinta yang mengatasnamakan Arya kamandanu,ternyata setelah ditelisir lebih jauh yang menulis syair adalah tidak lain kakak kamandanu "Arya Dwipangga".sungguh naas ,nini ratihpun berbalik mencintai arya dwipangga sementara kamandanu masih menyimpan rindu yang teramat dalam.sampai suatu ketika nini ratih dihamili oleh arya dwipangga dan arya dwipanggapun menikahinya.
hati arya kamandanupun hancur berkeping-keping dan kamandanu memutuskan untuk mengembara mencari ilmu kanuragan .
kasian sekali memang cerita arya kamandanu ini,,hiks..kenapa aku beri juduk kidung cinta arya kamandanu/wong bulu..YA Karena seperti itulah cintaku dulu 4 tahun silam ,kalo ingat,sungguh pengen nonjok rasanya muka cowok yang hamilin dia,,ahaha.

ya memang jodoh tidak bisa kita tebak ,karena ketika jodoh bisa ditebak maka kita tidak akan pernah tau yang namanya memperjuangkan cinta ...cieleh..ahaha

0 comments:

Posting Komentar

sampaikan unek-unekmu....!!!