Photobucket

Kamis

Naek Gunung Argo Puro Bareng Adek dan Anak-Anak Super


Kemarin selasa kebetulan aku lagi di rumah dan diberi tahu guruku kalo SD Muhammadiyah 1 Bancar (Sekolah SDku dulu) akan mengadakan Rihlah (jalan2) ke Argopuro, ya rihlah adalah tradisi rutin saat liburan sekolah  yang sudah diadakan dari aku SD (aku angkatan ke 2) sampai sekarang.
Aku sempet kawatir ketika diceritakan salah satu guru kalo rencana nanti naeknya gak hanya sampai SS (Pos pemberintihan sementara) tapi sampai puncak. ya kawatir ituah yang ada dibenakku.
Bayangkan saja saat itu kondisi hujan, sudah pasti jalannya akan licin, dan ketika berjalan kepuncak maka jalanan akan sangat ekstrem apalagi medan menuju puncak adalah jalan punggungan gunung yang artinya jalanan sempit dengan kiri-kanan jurang. sudah berkali-kali aku mencoba bicara kepada guru-guru tentang resiko yang akan dihadapi saat kepuncak dengan kurang lebih 100an anak kecil ( kelas 5 dan 6 ) dan guru-guru kembali menegaskan  akan tekat mereka untuk menempa mental anak didiknya,mereka yakin bahwa anak-anak SD Muhammadiyah adalah anak-anak yang kuat dan tahan banting,tidak cengeng .bahkan sempet mereka bercanda kepadaku .
“Kalo anak-anak tidak dididik seperti ini nanti besarnya akan jadi anak yang manja, coba renungankan, sampean jadi seperti ini, tidak kenal rasa takut apalagi menyerah pada kaadaan itu berkat didikan yang seperti apa??? Tentu seperti ini kan???”
Mendengar alasan guru-guru yang yakin akan resiko aku mulai agak lega (meskin hati masih dag dig dug duer karena notabene mereka masih awam didunia perpendakian) ya akhirnya aku sanggupi untuk membimbing adek-adek munuju puncak Argopuro, kebetulan hari itu pas hari libur jadi kawan-kawan alumni juga banyak yang libur kuliah, pas dah bisa diajak buat ngebantu,,ehehe. Dan kebetulan juga ada mbak dirumah jadi bisa ngurusi umi yang lagi sakit..karena jarak gunung Argopuro cukup dekat dengan rumahku jadi aku sekalian mengajak adekku.
saat dipuncak bersama adek-adek

SELASA , 27 Desember 2011
Pagi jam 6 sudah mulai kumpul adek-adek SD muhammadiyah 1 Bancar (kelas 5 dan 6) terlihat sekitar 100an anak ditambah 15 pendamping (guru-guru+teman2 alumni termasuk aku dan adekku). jam 06.30 WIB kita berangkat menuju Gunung Argo, lewat jalur Pandangan, Rembang, Jawa Tengah, perjalanan menuju titik awal pendakian menghabisakan waktu sekitar 1.5 jam .
Jam 08.00 kita berangkat setelah membagi-bagi kelompok adek-adek, setiap kelompok ada 10 anak jadi mudah untuk mengaturnya, belum sampai 20 menit berjalan adek-adek sudah pada merengek bertanya “Kak, kok gak tok-tok”, ”Pak,dalane kok munggah terus”, ”Kak , istirahat lak apek”..ahaha,, pertanyaan-pertanyaan adek-adek membuatku ketawa,,,ehehe, ,iya begitulah ketika kita pertama kali mendaki gunung, gak orang besar gak anak kecil pasti pertanyaan semacam itulah yang akan muncul, ya wajarlah apalagi awal-awal naek kan suhu tubuh masih belum panas yang artinya badan masih belum menyesuaikan dengan lingkungan,, ibarat mobil yang lama tidak dibuat jalan maka mobil itu harus dipanaskan dulu biar bisa jalan kenceng.,betul gak???
Setelah berjalan sekitar 1 jam akhirnya kita menemukan sekolah (ya didaerah Argo masih ada rumah-rumah ddataran tinggi) akhirnya kita berhenti sejenak sambil melonggarkan otot-otot kaki, namanya juga anak-anak disuruh istirahat buat hemat tenaga masiiiiiih juga bermain kesana kemari,,ahaha. ”Dasar Bocah, tak jitak bau tau rasa nanti”, setelah 10 menit kita kembali naek, jalur trak masih beraspal dan masih ada rumah penduduk sampai sekitar berjalan 15 menitan sudah mulai masuk kedalam kawasan hutan jalanan mulai becek dan licin,.kembali gembar-gembor pakai megapon “Adek-adek ati-ati jalanan mulai licin jangan berjalan dipinggir tetap berjalan ditengah”.
Karena tubuh sudah mulai panas jadi sudah tidak banyak yang mengeluh lagi malah semangat jalannya adek-adek naudhubillah “akaas tenan”..sampai aku ngos-ngosan ngejar mereka,,wkwkwkwkwk .. ”memang sudah tua ambo gan”..ahaha..maklum lah udah lama tidak naek gunung, ini juga tiba-tiba diberitahu ga ada persiapan buat olaraga…ehehe.
Sekitar jam 10 an kita sampai di SS (nama pemmberhentian sementara, semacam Pos lah).. di SS ini sungguh mantap sekali dibuat pemberhentian, ya di SS ada aliran sungai yang segernya bukan main, setelah sampai namanya juga anak-anak “ya langsung maen air tanpa menghirukan rasa capek” (termasuk aku juga sih….ahaha)
Kembali pasang megapon dan gembar-gombor ” yang sudah puas maen air ,ayo saatnya makan “.makan bareng adek-adek ,,biuuuuhhh, bekal mereka aneh-aneh gan, jajanan semua jarang yang bawa nasi “dasar anak-anak, disuruh bawah nasi malah bawa jajan-jajanan”, untung guru-guru banyak yang bawa nasi jadi dibagi-bagi sama adek-adek biar ada tenaga buat naek kepuncak.
Sekitar 10.45 WIB kita berangkat naek kepuncak, karena jalanan ke puncak sudah mulai nanjak licin dan terjal jadi aku putuskan jadi sweeper (menjaga paling belakang, gunanya jika ada yang kenapa-kenapa didepan jadi yang belakang bisa tau). Jalanan kali ini berbeda dari jalur track awal, track kali ini sudah sudah mulai berasa rasa takut adek-adek, tidak ingin menambah ketkutan adek-adek guru berinisiatif untuk saling bercanda “yek-yekan/ejek-ejekan baiar suasana rame”, sumpah gan waktu aku sampai ”Sunduk en” bukan gara-gara capek tapi gara-gara kebanyakan ketawa melihat tingkah pola guru-guruku, guru-guruku yang dulku anggap perfect, eh tenyata juga bisa ejek-ejekan seperti itu, ahaha.

Tujuannya cuma menghibur adek-adek kok… Jalur track mulai tanjakan terjal disinilah adek-dek yang perempuan ada beberapa yang nangis dan minta pulang, sampai aku gak tega dan nyuruh berhenti dan jangan diteruskan kepuncak tapi guru-guru masih ngotot sambil pasang megapon dan bicara “OJO CENGENG,OJO NANGISAN, SENG NANGIS DITINGGAL, AYO NGADEK TINGGAL”, aku kembali ketawa melihat kediktaktoran guru-guru untuk mendidik adek-adek, ya sudah aku hanya sebagai pemandu, resiko sepenuhnya ditanggung guru-guru jadi aku putuskan lanjut naek sumpah gan, melihat perkataan guru-guru adek-adek cewek yang nangis langsung berhenti nagisnya dan naek lagi.
“sukses juga ya guru-guru buat nakut-nakuti”(memang yang paling tau mengenai murid adalah guru gan).
Sampai pertengahan ada beberaa adek-adek dan salah satu guru yang mulai pucak wajahnya jadi aku putuskan untuk menemani mereka  berhenti  sebentar dan menyuruh yang depan terus naek.
Sekitar 15 menitan aku dan adek-adek (4 orang cowok, 5 cewek dan 2 guru) berhenti, melihat mereka semakin manja jadi aku meniru gaya guru2 yang diktaktor.
“Wes cukup istiraht e,,,Ayoo jalan lagi,, yang gak kuat gak usah dipaksa naek, tunggu disini saja, dan yang masih kuat ayo naek bareng kakak”.dan ternyata caraku lumayan sukses juga gan,, ada 2 adek cew yang langsung berdiri dan sisanya SUNGGUH TERLALU MANJANYA dan aku juga tidak terlalu memakasa dalam hal ini, aku tau kondisinya bagaimana jika sudah ngedrop, ya sudah akhirnya aku dan 2 adek cew berangakat naek,,,kebetulan rombongan depan sudah jauh dan tidak terlihat, jalan bertiga ternyata enak juga, adek mulai tanya  yang macem-macem mulai dari “Awal berdirinya SD, guru-guru yang galak dan baik hati, pelajaran, ujian sampai masalah pacar,,ahaha,,wah parah jaman sekarang anak kelas 6 sudah tau pacaran,,uhuhu” biar tidak terlalu terasa capeknya adek-adek jadi aku jawab semua pertanyaan mereka “Baik kan kakak,dek”,,ahaha.
Ditengah perjalan karena keasikan ngobrol jadi gak liat jalan ada satu adek cek yang terjatuh dan terluka kakinya,melihat rombongan depan masih belum terlihat dan diteriaki juga masih tidak ada jawaban jadi aku puuskan buat mengendongnya ga, berat???

JANGAN DITANYA, dengan kondisi membawa tas cariel,berat badan naek + ditambah berat adek yang digendong +jalur track naek … OHH PARINGI KEKUATAN DAN KESABARAN DUH GSTI.. :D
Setelah jalan 20 menitan akhirnya terlihat juga rombongan depan, Alhamdulillah adek cewek minta diturin dari gendongannya,,ehehe..karena rombongan sudah terlihat jadi kita jalan santai.
NAEK…NAEK…NAEK
Biar gak hening suasana aku suruh muter lagu di HP,,eh gak taunya yang diputer lagu AYU TING TING..ahaha..mereka tak tanya “Gak ada lagu anak-anak dek???
Adek “eh wes gak jaman saiki lagu anak-anak kak,wes kuno”
Ahahaha … :Tepok Jidad
Sekita jam 12 an kita sampai dipuncak bertemu rombongan yang ada didepan, bukan main gembiranya mereka .
kagum sekagum kagumnya
“Adek-Adekku yang super berhasil mencapai puncak pertama kalinya dalam umur yang masih mudah…LUAR BIASA”.
Guru-guru sampai terharu melihat mental adek-adek yang kuat
HEBAT DEK ...2 JEMPOL KAKAK BERIKAN BUAT KALIAN  SEMUA ADEK-ADEK SD MUHAMMADIYAH 1 BANCAR
Setelah tafakur dan poto-poto akhirnya kita memutuskan turun..TURUN ..Itu yang menjadi tentangan lagi, tau sendiri kan, jalanan licin jalur track turunan curam, jadi kita putuskan untuk berdekatan biar kalo ada sesuatu yang terjadi bisa langsung ambil tindakan
JATUH..BANGKIT LAGI…JATUH BANGKIT LAGI..
Itulah yang terjadi pada adek-adek ku .
Dalam hati aku berkata “Kalian anak-anak yang super tidak sabar aku ingin melihat kalian besar dan mengguncang DUNIA..AKU BANGGA PUNYA PENERUS KALIAN”
Sekitar 1 jam turun kita akhirnya sampai di SS lag
JEBUUUUUUUURRRRR…AIIIIIRRRR SERBUUUU “kata adek-adek.

Akupun tak mau kalah jadi akupun ikutan jebur.
Tak terlihar rasa takut dan capek diwajah mereka ..wajah-wajah yang penuh Optimesme, wajah-wajah yang penuh cita-cita, wajah-wajah yang penuh jiwa spiritual.
“Ayooo,Saatnya Sholat..Sholat..Sholat” kata salah satu guru dengan memakai megapon.(itulah kelebihan SD MUHAMMADIYAH 1 BANCAR. Dimanapun berada..tidak lupa untuk sholat kayak pilem “Laskar Pelangi”).
Jam 15.00 Setelah selesai semua kita turun semua dengan muka puas dan bangga karena sudah mencapai puncak Gunung ARGO PURO.jalan turun jalan jalan jalan
Sampai akhirnya tiba dititik keberangkatan ada 2 truck yang menjemput kita untuk pulang,,ehehe.
Jam 17.30 kita sudah sampai di tempat berkumpul SD MUHAMMADIYAH 1 BANCAR.Aku peluk mereka “Khususnya 2 adek cewek yang berangkat bareng aku”.
ADEK-ADEK SUPERKU KAKAK BANGGA SAMA KALIAN SEMUA…TETAPLAH KUAT DAN RAIHLAH MIMPIMU

foto di SS bareng adek-adek yang cowok (aku yang moto nihgak keliatan mkaku :mewek)




 

0 comments:

Posting Komentar

sampaikan unek-unekmu....!!!