Photobucket

Selasa

Ku sambut "Ramadhan" dengan senyumku

                     Baca dengan nama Tuhanmu yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang


Semerbak Wangi kini telah datang,Semerbak wangi ampunan telah banyak terindukan,teriknya sang matahari hanya sebatas lilin ditengah gulip gulita malam yang tak memancarkan kepanasan,dinginnya Sang angin malam kian hari semakin berubah menjadi air hangat ditengah dtengah daerah kutup utara dengan bongkahan putih gunungnya ,kini telah datang,,,kini telah datang,,tamu agung yang membawah Berkah dan Hidayah bagi siapa yang menyambutnya..

Sahabatku " akhi ukhti fillah" sudah ndak terhitung nih,detik detik,hari hari,bulan bulan telah kita lewati dengan berbagai aktifitas yang ada,ndak terhitung juga kekhilafan apa saja yang kita lakukan,dosa apa saja yang kita lakukan(Hmm Dosa oh Dosa).
seperti halnya " Sahababiyah yang menunggu kedatangan Sahabat Rosul yang berlaga di medan perang badar " seperti itu halnya kita sebagai umat islam yang merindukan kan tamu agung yang hendak berkunjung ke kita(InsyaAllah),
Hmmm "Tamu Agung",,,gimana ya nih nyambutnya???
Kalo ada tamu dari saudara "kayaknya kita dandan dah,minimal ya pake kemeja gak pake"kaos Oblong", kalo ada tamu dari Istana Negara " aku timpuk aja peke air seember wong kebijakanya gak pro umat sih,,,ehehe ", kalo ada tamu dari ibu-ibu (yang membawa anaknya yg"akhwat") " Hmm sudah pasti dah dandan habis-habisan,pake sarung,pake sorban( lho !!!) ".nah kalo tamu agung nih yang datang "Hmmm gimana ya??? ", nyanyi aja dah ala Hadad Alwi dan adek-adek

"Marhaban Ya Syahro Ramadhan Ya Syahro Syiam
Marhaban Ya Syahro Ramadhan Ya Syahro Syiam
Selamat datang Ramadhan, bulan penuh ampunan
Selamat datang Ramadhan, bulan penuh ganjaran "

( Lhooo inikan Ringtone yang ada diHPku,,ehehe)

Karena Keberhasilan kita pada bulan Ramadhan akan dipengaruhi sejauh mana kita mempersiapkan diri untuk menyambutnya,kayak Rosulullah dan para sahabat ja dah kalo gituh nyambutnya,Rosul dan sahabatnya ketika akan dtang ramadhan bener bener mempersiapkan diri baik Mental,Fisik dan Ilmu kawan

* Mental
Sudah pasti saat tamu agung tiba kita kayaknya memang harus mempersiapkan " Ruhiah " kita serta membangkitkan suasana keimanan dan memupuk spirit ketakwaan kita,ya paling tidak perbanyak amal ibadah seperti halnya rosul saat menjelang ramadhan (Bulan Sa'ban).
Dari Aisyah ra "Aku tidak melihat Rasulullah berpuasa sebulan penuh kecuali Ramadhan dan aku tidak melihat Beliau lebih banyak berpuasa dibandingkan dengan pada bulan Sya’ban (HR al-Bukhari dan Muslim)"...Nah lho !!! Sudah sempet Puasa gak nih sahabatku waktu bulan sa'ban ini ( *Semoga kita sama-sama diberi kemudahan oleh Allah dalam berpuasa *)
Usamah bin Zaid berkata, “Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa pada satu bulan seperti pada bulan Sya’ban.” Beliau menjawab, “Ia adalah bulan yang banyak dilalaikan oleh manusia. yaitu antara Rajab dan Ramadhan. Ia adalah bulan saat amal diangkat menuju Tuhan, karena itu, aku ingin amalku diangkat dalam keadaan aku berpuasa (HR Abu Daud dan al-Nasai)".

* Fisik
Kalo ini sih berkaitan dengan menjaga kesehatan coz memang menjaga kesehatan adalah bagian dari ajaran agama. kayak berulang kali Rasulullah saw mengingatkan umatnya agar meminta kesehatan kepada Allah dan menjaganya supaya tidak merugi, karena kesehatan adalah salah satu modal terpenting kita untuk bisa beribadah ya,bayangkan ja disaat ramadhan tiba kita lagi sakit wah bakal muncul dah kata orang jawa" gak dike'i pakanan iku sakno awak lagi loro,dikek'i pakanan lak eman gak sido poso "
begitulah perannya Fisik bagi puasa kita,setidaknya kita bakal terbantu dengan kesahatan yang prima. “Dua nikmat Allah yang di situ banyak orang merugi, yaitu nikmat kesehatan dan waktu luang” ( HR Tirmidzi )

* Ilmu
kalo yang satu ini nih,mentang-mentang kita sudah melewati puasa-puasa sebelumnya terus kita"ogah" gtuh belajar lagi mengenai serba serbi di ramadhan itu sendiri,,,"Please,Don't say again !!!",kayak ilmu tentang menjaga pandangan selama berpuasa( hmm gak hanya pada saat puasa sih)
"Pandangan adalah salah satu panah
beracun milik setan yang terkutuk. Barang siapa menjaga pandangannya karena
takut kepada-Nya semata, niscaya Allah SWT akan memberinya keimanan yang manis
yang diperolehnya dari dalam hati (HR Al-Hakim)"
.
Ilmu..semakin banyak kita mengetahui tentang ilmu berpuasa semakin banyak kita kan mendapat hikmah dibalik berpuasa,,,(hmmm kayaknya kudu belajar lagi nih tentang sunah-sunah saat berpuasa,hal yang diperbolehakn dan hal yang dilarang,atau hal yang menjadi "mubah" saat dibulan ramdhan).

Teringat,Perkataan Rosul saat menjelang akhir sa'ban,semoga dapat menjadi "cemeti" yang kan memacu derap langkah kita untuk mendapat kesempurnaan ramadhan.
"Wahai manusia, kalian telah dinaungi bulan yang agung, bulan penuh berkah, bulan yang di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Allah telah menjadikan puasa pada bulan itu sebagai suatu kewajiban dan shalat malamnya sebagai sunnah. Siapa saja yang ber-taqarrub di dalamnya dengan sebuah kebajikan, ia seperti melaksanakan kewajiban pada bulan yang lain. Siapa saja yang melaksanakan satu kewajiban di dalamnya, ia seperti melaksanakan 70 kewajiban pada bulan lainnya.

Bulan Ramadhan adalah bulan sabar; sabar pahalanya adalah surga. Ia juga bulan pelipur lara dan ditambahnya rezeki seorang Mukmin. Siapa saja yang memberikan makanan untuk berbuka kepada orang yang berpuasa, ia akan diampuni dosa-dosanya dan dibebaskan lehernya dari api neraka. Ia akan mendapatkan pahala orang itu tanpa mengurangi pahalanya sedikit pun.
Para Sahabat berkata, “Kami tidak memiliki sesuatu untuk memberi makan orang yang berpuasa puasa?”
Rasulullah saw. menjawab:

Allah akan memberikan pahala kepada orang yang memberi makan untuk orang yang berbuka berpuasa meski dia hanya memberi sebutir kurma, seteguk air minum atau setelapak susu.

 Ramadhan adalah bulan yang awalnya adalah rahmah, pertengahannya adalah maghfirah dan akhirnya adalah pembebasan dari api neraka. Siapa saja yang meringankan hamba sahayanya, Allah akan mengampuninya dan membebaskannya dari api neraka. Perbanyaklah pada dalam Ramadhan empat perkara, dua perkara yang Tuhan ridhai dan dua perkara yang kalian butuhkan. Dua perkara yang Tuhan ridhai adalah kesaksian Lâ ilâha illâ Allâh Muhammad Rasûlullâh dan permohonan ampunan kalian kepada-Nya. Adapun dua perkara yang kalian butuhkan adalah: kalian meminta kepada Allah surga dan berlindung kepada-Nya dari api neraka. (HR Ibn Khuzaimah dalam Shahih Ibn Khuzaimah dan al-Baihaqi di dalam Syu’âb al-Imân)"



Senyum bingar merekah kini telah menyambutmu "Ramadhan",kuharap engkau membalas senyumku dengan "Berkah dan Ampunan",Jiwa Jiwa penuh harap kan selalu menggodamu untuk melirikku "Ramadhan" ,,,Marahabn ya Ramadahan,Marhaban Ya Syaru Syiam.

Hmmm,,terakhir tulisan note ini sahabat,
Do'a malaikat Jibril menjelang Ramadhan "Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut: * Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada); * Tidak berma'afan terlebih dahulu antara suami isteri; * Tidak bermaafan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya. Maka Rasulullah pun mengatakan Amiin sebanyak 3 kali.

Dapatkah kita bayangkan, yang berdo'a adalah Malaikat dan yang meng-amiinkan adalah Rasullullah dan para sahabat,,untuk semua sahabat sahabatku yang merasa pernah kusakiti baik sengaja maupun tanpa sengaja,,Mohon Maaf ya,frends.


0 comments:

Posting Komentar

sampaikan unek-unekmu....!!!